Wednesday, March 19, 2008

Cobek vs Chopper


Kemajuan teknologi sangat membantu pekerjaan di dapur.
Contohnya, kini pekerjaan menghaluskan bumbu yang tadinya musti dihaluskan dengan menggunakan cobek atau ulegan kini didelegasikan kepada si chopper yang lebih handal.
Tinggal pencet... pekerjaan bisa selesai dalam waktu yang cukup singkat dan tanpa mengeluarkan cukup banyak tenaga dan keringat :)
Tapi menurutku... ada satu hal yang tidak bisa digantikan oleh si chopper ini, yaitu bikin sambel terasi. Sebetulnya bisa sih, tapi rasa yang dihasilkan agak sedikit berbeda. Karna membuat sambel dengan cobek hasilnya agak lebih kasar. Ini yang menjadi ciri khas sambel dadakan yang mempunyai cita rasa dan sensasi tersendiri.
Ada satu hal yang menjadi pikiran tentang si cobek ini.... semakin lama digunakan, si cobek akan semakin cekung bentuknya. Apa artinya ?? artinya, selama dalam proses pengulekan si cobek akan aus/tergerus sedikit demi sedikit. Trus kemana hasil gerusan itu ???
yaaahh.... kemana lagi kalo bukan ke perut kita.
Jadi ????? kita makan batu dong.... ??? ya iyalaaaahh.... mungkin itu sebabnya orang Indonesia, khususnya yang suka makan sambel dadak itu termasuk orang kuat.... hehehe... kuat makan batu ya ;p
*) ini hasil riset yg rada ngawur karna tidak disertai data yg akurat...
hmmm... tapi gimana menurutmu ?? betul gak analisaku itu ??

0 komentar:

Post a Comment