Thursday, June 19, 2008

Jajan Pasar yang suka bikin kangen....

Dari kecil sampe tuwek gini, yang namanya jajan pasar itu sudah melekat di hati.
Kadang kalo lamaaaa.... ga ketemu suka ngangenin, trus dicari-cari kayak kangen sama pacar aja.
Untungnya di pasar deket rumah, si mbak yang jual jajan pasar ini suka nongol meski ga tiap hari jualan.
Biasanya tuh... jajan pasar isinya macem-macem. Ada cenilnya, tiwul, klepon (kadang ada isinya kadang enggak), sawut singkong, ketan hitam trus ada jongkong item dan satunya lagi yang dibuat dengan campuran gula jawa. Biasanya juga ada grontol... hmm apa ya namanya ? pipilan jagung yang direbus itu lho....
Di daerah lain malah isinya lebih variatif lagi.... kadang ada jali-jali nya, trus ada yang namanya GATOT (ini dari gaplek singkong yang dikukus) dan entah apalagi namanya... nanti ya, kalo ketemu aku coba untuk dokumentasikan.
Trus nih atasnya jajan pasar selain dikasih kelapa parut, juga dikasih taburan gula pasir. Tapi aku lebih suka yang pake juruh gula merah... rasanya menurutku lebih nikmat :)
Sekarang jajan pasar ini status sosialnya udah naek kelas.... ga cuma ada di pasar-pasar becek tapi jajan pasar mulai tampil di acara-acara yang lebih elite seperti resepsi perkawinan di gedung-gedung yang cukup mewah.

Semoga saja jajanan ini tidak sampai punah.... biar murah meriah (satu pincuk itu cuma 1000 perak) dan sangat merakyat, ini menunjukkan kreatifitas dari kaum ibu yang boleh dibilang miskin/kelas bawah... tapi mampu mengolah sumber bahan pangan sedemikian rupa (deversifikasi pangan) sehingga menjadi menarik saat disajikan dan enak saat dinikmati.
Alhamdulillah yaa... orang Indonesia biar miskinpun tetap kreatif mengolah makanan.

1 comment:

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    Artikel kuliner terhangat
    Artikel anda di infogue

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    ReplyDelete