Thursday, February 19, 2009

Step by step membuat F1 Car cake

Ini beberapa foto step by step saat latbar (latihan bareng) dengan teman2 milis Teras Kuliner, dengan tema carving cake.
Request beberapa teman yang ingin aku sharing bagaimana membuat F1 Car Cake & Thomas Train, yang tempo hari pernah aku buat dan aku posting di icip2.

Pertama, siapkan 2 buah cake (brownies kukus) dengan ukuran 20x30. Buat 2 resep, 2/3 adonan utk loyang 1 (jadi lebih tebal ~ utk bagian bawah) dan 1/3 bagian utk loyang ke 2 (lebih tipis tebalnya ~ untuk bagian yang atas).

Siapkan juga pola nya.
Yang kemaren ga bisa ikut latbar, silahkan imel aku dg subject POLA, nanti akan dikirimkan via pos dg penggantian sedikit biaya perangko & donasi seikhlasnya untuk aku salurkan ke Yayasan Al Kahfi - Bekasi dimana Lintang mengajar anak2 Dhuafa.

Lanjuuut...
Aplikasikan pola pada cake lalu potong dengan pisau yang tipis dan tajam.


Lakukan hal yang sama untuk bagian atasnya.

Mulailah mencarving dengan gunting, rapikan dan tumpulkan setiap bagian yang runcing agar menjadi tumpul. Hal ini untuk menghindari lapisan fondant tidak pecah akibat terkena bagian yang tajam.


Jangan lupa... buat juga bagian atas belakang yang seperti helm itu... tancapkan dengan bantuan stick loli atau tusuk sate dan sesuaikan ukurannya.


Setelah selesai mengcarving, rapikan & bersihkan setiap remahannya.

Buat juga bagian belakangnya yang berbentuk kotak itu. Tancapkan dengan bantuan stick loli.

Oleskan semua permukaannya dengan selai apricot, tipis aja tapi rata.

Cover seluruh bagian cake dengan fondant yang sudah digilas (caranya pernah aku posting sebelumnya yaa..)

Rapikan fondant dengan hati2 agar setiap lekuknya terlihat sempurna. Gunakan jari tangan.

Kalau sudah terpasang dengan rapi, potong bagian sisanya dengan menggunakan pisau.
Jangan pas tepi tapi usahakan lebih beberapa mili dari tepinya.

Pasangkan 2 buah sumpit untuk tempat roda. Usahakan tinggi dan posisi sumpit depan dan belakang sejajar. Tutup bagian sumpit yg kelihatan dengan fondant warna hitam.
Siapkan ke 4 bannya dan pasang dengan rapi.

Membuat ban dari fondant perlu bantuan bubuk CMC (udah pernah aku posting sebelumnya ya ttg CMC ini), agar cepat mengeras dan kokoh bentuknya.
Gambar juga ulir/kembangan ban dengan bagian pisau yang tumpul.

Buat beberapa accesoriesnya dengan rapi. Dan lem setiap bagiannya dengan bantuan kuas dan sedikit air.

Tarrrraaaaaaaaaaa.... udah jadikan :)


Jadi, aku yakin dengan penjelasan ini semua teman2 pasti bisa membuatnya.
Berani mencoba ??? berani doong.... ayoo bikin yaa, pasti bisa !

Selamat berkarya...
Sampai ketemu lagi ya di tutorial berikutnya... (nanti step by step Thomasnya menyusul yaa...)

2 comments:

  1. wahhh mbak Ria...senang-nya ada step by step buat F1 car cake, nanti saya mau coba ah. Minggu lalu saya sudah praktek yg dumptruck tapi masih belum rapih, harus belajar banyak lagi.
    Mbak, kalau Teras Kuliner mengadakan Latihan Bareng, saya boleh ikutan gak? Saya bukan anggota milis Teras Kuliner & ingin jadi anggota.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. waaah... ikutan seneng, ternyata ada yg berusaha mencobanya juga :)
    Iyaa... boleh2 aja kok. Kemaren ada bbrp teman yg jg baru gabung kok.

    welcome ya Lies :)

    ReplyDelete