Monday, November 05, 2007

Belajar membuat Barbie cake


Beberapa foto ini menjelaskan bagaimana cara membuat Barbie cake.

!. Boneka Barbie yang digunakan biasanya hanya setengah badan bagian atas (di TBK tertentu dijual boneka khusus untuk membuat Barbie cake). Tapi... bisa juga menggunakan boneka Barbie yang biasa banyak dijual setelah dimutilasi terlebih dulu (bagian atas badan dipisahkan dengan bagian bawahnya).
Bagian atas tubuh Barbie diberi semacam penyangga (bisa pake tusuk sate) untuk ditancapkan ke rok Barbie yang berupa cake.

2. Untuk rok Barbie yang berupa cake ini dibuat dengan menggunakan loyang khusus rok Barbie yang juga banyak dijual di TBK atau bisa juga menggunakan beberapa cake yang ditumpuk (diameter beberapa cake yang ditumpuk, semakin keatas semakin kecil tentunya).

3. Setelah bagian atas badan Barbie menancap pada cake dengan kokoh, pekerjaan dilanjutkan dengan menyayat/mengiris bagian atas cake tsb utk dibentuk sesuai dengan desain rok Barbie yang diinginkan.

4. Setelah bagian rok Barbie rapi terbentuk, pekerjaan selanjutnya adalah menghiasnya. Bisa dengan menggunakan buttercream, bisa juga dengan fondant (seperti tampak pada foto)

5. Selamat berkreasi...

2 comments:

  1. mbak.. wah kebetulan bgt nih aku lg cari info ttg cake barbie.. makasih ya tips nya..berguna bgt, jg tips2 yg lain.. good job bgt mbak, aku bener2 brsyukur ada orang yg baek bgt spt mabk yg mau charing pengalamannya sampe bikin banyak bgt blog @_@ wow!

    btw aku ada bbrp pertanyaan seputar barbie cake ini mbak.. kl mbak berkenan tlg bantu jawab ya.. sebelumnya makasih bgt..

    1. loyang barbie ini belinya di tbk mana kl di jkt mbak? aku liat di bbrp tbk adanya yg wilton kan mahal bgt..

    2. cake barbie ini paling tepat pakai resep cake apa? mengingat bentuk loyang yg tinggi lain dari loyang2 yg biasa diapkai utk sponge cake dll?

    3. apakah mbak ada menulis ttg tips dan trik menggunakan loyang barbie ini termasuk cara memanggang yg benar agar cake nya matang dari bawah sampai atas?

    terima kasih banyak ya mbak.. sukses selalu buat mbak :)

    salam,
    amel

    ReplyDelete
  2. Halo Amel...
    Thank u so much utk complimentnya yaa... *jd support buat aku utk terus update blog*

    aku coba jawab yaa...
    1. betul kl beli Wilton punya, isi dompet bs langsung kosong... hehehe. Kalo di Jakarta aku kurang tau say... tapi kalo di Bekasi aku tau karna ada beberapa TBK disini yg jual.
    Spt di TBK Olivia dan La Sara.

    2. Iya... loyang ini cukup tinggi. Aku baru coba pake sponge cake aja. Yg sdh pernah aku pake ya resep vanila sponge cake dan chocolove sponge cake yang ada di blog icip2.

    3. Karna aku baru coba pake resep sponge cake aja, maka cara manggangnya sama aja kok spt sponge cake yg biasa. Ga ada perlakuan khusus. Cuma yg musti diperhatikan adalah karna loyang ini tinggi maka loyang ini butuh space yg cukup tinggi di dalam ruang oven.

    Pada saat memanggang, diameter yg lbh kecil dr loyang kan ada di bawah... nah ini dialasi pake loyang datar aja (krn rak dlm oven kan spt jeruji ya), supaya loyangnya bs berdiri... sekaligus agak menahan panas dr bawah agar bagian cake yg di bawah itu ga cepet gosong.
    Biasanya kan rak di dalam oven itu ada 2 baris ya. Nah rak yg atas ga aku pake... cukup rak yg bawah aja, rak yg atas dilepas.

    Segitu dulu ya penjelasannya... kl msh ada yg mau ditanya, tanya aja lagi yaa... ga usah malu2 hehehe... insyaallah, kl aku bisa jawab pasti aku bantu :)

    thanks juga Amel ...

    ReplyDelete