Thursday, January 31, 2008

KRIM KENTAL

Pagi ini aku dapat imel dari seorang teman yang menanyakan apa itu KRIM KENTAL. Aku share disini, siapa tau ada teman lain yang belom mengenal bahan ini juga.

>> Mbak Ria mo tanya donk yang dimaksud krim kental di resep puding itu apa ya? apa kl aku beli di tbk dengan bilang krim kental mereka dah tau? pls . . . . . . help me. rencana aku mo bikin puding entar malam

aku tunggu
thanks & regards
=LL=

dear LL,
krim kental = whipcream yg belom dikocok.
kalo ke TBK yang umum adanya merk Vivo, Bakers Mix, Richs, Elle Vire (semuanya kemasan tetrapack, kayak susu Ultra gitu lho.... ukuran 1 liter).
kalo di supermarket biasanya ada merk Elle Vire, Anchor, Rosselle, GreenField (naah kalo disini ada yg kemasan 1 liter, ada juga yg kecil sekitar 200-250 cc)
krim kental ini bentuknya kayak susu cair putih tapi lebih kental dan rasanya manis. Penggunaannya bisa dicampur dg bahan lain begitu aja (spt di resepku), atau dibuat ganache atau dikocok begitu aja (jadi krim kocok atau whipcream) utk menghias kue atau topping dessert.
kalau mau jelas liat fotonya, coba deh tengok di Kamus Dapurku-Mengenal berbagai jenis KRIM (CREAM) yg bisa di klik langsung di blog ini atau di Catatan Dapurku dimana aku kasih liat penampakannya, contoh2 bahan kue yg sering ada di dapurku. Oya, harga kisaran terbaru nya pun juga ada di Catatan Dapurku.... jadi bisa kira2 deh budgetnya berapa.
semoga membantu yaaa....selamat mencoba resepku juga.
dan jangan sungkan2 tanya kalau ada yang belom jelas. Insya Allah aku coba bantu jawab.

salam,
ria


4 comments:

  1. Dear Mba Ria, kalo krim kental yang dibahas diatas sama ngga dengan krim kental yang biaa dipake untuk spaghetti Carbonara?
    Thanks,
    Dian

    ReplyDelete
  2. Mbak, aq pernah baca resep yg pake krim kental buat puding.
    "Setelah mendidih, matikan api. Masukkan krim kental"

    Yang saya mau tanya, krim kentalnya klo pake Anchor kan hrs disimpen di kulkas gt, jadi pas dimasukkin udah suhu ruang atau masih tetep dingin?

    ReplyDelete
  3. @ Dian :
    Kalau yg biasanya dipakai untuk masakan, krim yg digunakan adalah sour cream. Kalau krim kental yg aku maksud pd judul postingan ini biasanya digunakan utk dessert karna rasa krimnya manis.

    @ Anonymous :
    Sebaiknya didiamkan dulu pada suhu ruang.


    semoga membantu ya.

    ReplyDelete
  4. Mba Ria, aku ratih (22th) lagi mau belajar bikin cheese cake.. bahan dasarnya kan krim kental, maksudnya krim kental cair yang yang sama untuk puding itu ya?! lalu untuk cheese cream-nya, yang bubuk atau yang sudah dalam bentuk kental seperti cheese cream kraft yang di botol?
    makasih banyak ya sebelumnya..

    ReplyDelete