Wednesday, March 19, 2008

Mengurangi rasa pahit pada DAUN PEPAYA

Semua juga sudah tau kalau daun pepaya itu sangat pahit rasanya...
Daun pepaya banyak dipakai untuk berbagai jenis masakan seperti untuk campuran urap, pecel, di tumis, dibuat buntil dll.

Daun pepaya mentah lalu diblender dengan sedikit air lalu disaring diambil airnya saja (lalu diminum), sangat bagus untuk memperbanyak produksi ASI.

Kalau diolah menjadi masakan, kalau rasa pahitnya sedahsyat itu... pasti ga bakal ada yang mau makan :(

Lalu bagaimana mengatasi rasa pahitnya itu ... atau mengurangi rasa pahitnya itu (teteup ada sedikit rasa2 pahit, karna ini ciri khas dr daun pepaya).
Berikut ada beberapa tips :

1. Dicampur dengan daun singkong saat merebusnya
2. Dicampur dengan daun jambu saat merebusnya
3. Dicampur dengan sedikit tanah saat merebusnya (ini bener lho... cuma saya sendiri blom pernah melakukan karna kepikiran aja, dimana ada tanah yg bersih disekitar rumah ??
Tapi kalau keluarga di Solo, biasanya mengurangi rasa pahit daun pepaya dengan cara ini... malah rasa pahitnya cenderung hilang.... begitu yang saya rasakan).

Demikian sekilas tips...

2 comments:

  1. Daun pepaya direbus pake tanah itu memang betul 100 %, lebih tepatnya tanah lempung ( tanah liat). Saya sebagai homo soloensis asli tau benar itu...
    Cobain deh yang namanya pecel 'gagak sipat'( pecel dg sambel wijen, dg ingredients sayuran yang agak tidak lazim... bunga pisang, pete cina yang masih mudaaaa bgt( sak kulit2-nya direbus), daun pepaya gak pahit diiris halus, bayem, toge, dg lalapan mentah, pete cina & irisan daun kenikir. Nasinya nasi merah....wuah...pengen pulaaang

    ReplyDelete
  2. thanks ya buat commentnya...
    wah... itu yang disebutin pecel ndeso kaaan???
    suka beli di manahan.... enyaak :)

    ReplyDelete