Friday, April 11, 2008

Demam Berdarah


Kalau teman-teman beberapa hari ini berkunjung ke blog ku dan tidak menjumpai postingan resep baru, mohon dimaafkan ya... soale anakku Hudi (Pamungkas) lagi sakit... kena demam berdarah dan musti dirawat di rumah sakit. Jadi dapunya tutup dulu.... Insyaallah minggu depan sudah bisa aktif lagi.
Berikut sedikit sharingnya... semoga ada manfaatnya ya..

Empat tahun yang lalu Lintang kena demam berdarah (DBD) sepulangnya dari study tour ke Bogor bersama sekolahnya.
Kali ini Hudi juga kena DBD. Kok ya sama, kejadiannya setelah pulang study tour ke Bandung dengan sekolahnya.... emang nyamuk2 DBD itu kebetulan juga pada ikut study tour kali yeee *ga penting*

Hudi di rawat di RS selama 8 hari. Selama 4 hari pertama panasnya sekitar 40 derajat celcius. Kadang suhunya turun setelah diberi obat turun panas. Tapi kadang karena suhunya ga turun2, Hudi diberi obat turun panas yg lewat anus.
Itupun juga musti dibantu dengan kompres air hangat.
Kalau suhunya ga turun2, Hudi tidur sampai ngigo2 (mengigau) gitu... ga jelas yang diomongin apa... jadi error gitu. Yang paling mama takut itu kalau tiba2 bola matanya tiba putih dan pupilnya mengecil keatas... kayak orang step. Untung ga pake kejang2... kalo udah gitu pipi Hudi mama tepuk2... istighfar...trus panggil suster...
Sempet juga Hudi pingsan di kamar mandi ... ga sadar. Untung mama nungguin... abis gitu ga boleh lagi ke kamar mandi, pipisnya pake pipot aja.
Hmm... karna yang diminum banyak, ya otomatis bolak balik musti ambil pispot buat Hudi deh.... Bocor... abis minum, pipis mulu... bisa sampe 1/2 ltr tiap abis pipis.

Yang musti diperhatikan saat kena DBD itu jangan sampai terjadi pendarahan. Karna kalo sampe terjadi pendarahan musti transfusi darah (trombosit). Makanya... pasien DBD ga boleh sikat gigi, cukup kumur2 aja.... karna kalo sampai terjadi pendarahan di gusi akan fatal akibatnya.
Pasien DBD juga musti makan yang lunak2. Ini juga untuk mencegah jangan sampai terjadi pendarahan di usus dan bagian pencernaan lainnya.

Umumnya pasien demam berdarah pada kulitnya timbul bintik2 merah. Biasanya di tangan, kaki, belakang telinga dan bagian perut. Tapi Hudi keluar bintik2 merahnya pada hari ke 5 (pd hari ke 8 ini, bintik2 nya masih banyak terutama pada bagian kaki).

Salah satu ciri pasien DBD adalah rendahnya trombosit dalam darah. Hasil cek darah Hudi saat masuk RS masih 150rb kemudian berangsur2 menjadi 126rb - 83rb - 53rb - 40rb - 62rb - 117rb (pd level ini Hudi boleh pulang).

Selain infus dan obat2 dari dokter, pasien DBD juga sangat memerlukan asupan lain yang biasanya musti dibuat/dibawa sendiri. Asupan ini sangat membantu menaikkan kadar trombosit dalam darah dan mempercepat proses kesembuhan. Contohnya :

1. JUS JAMBU MERAH. Buat jus seperti biasa dan saring supaya bijinya terpisah.
2. JUS KURMA. Dibuat dari 100 gram kurma tanpa biji yang diblender bersama 1 gelas air.
3. ANGKAK : Dibuat dari 2 sdm angkak yg direbus dengan 2 gelas air. Masak hingga airnya tinggal 1 gelas.
4. Susu Bearbrand
5. Pocari sweat.

Semua larutan diatas harus diminum sesering mungkin.

Sebetulnya, ada masukan untuk memakai obat cina yang namanya Siantan. Kabarnya obat ini juga sangat ampuh untuk pasien DBD. Tapi karna ga jelas ingredientnya, asli atau enggak... kok aku lebih pilih yang alami aja... seperti contoh2 asupan diatas.

Alhamdulillah... hari ini Hudi sudah boleh pulang.

Source Foto : Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment