Friday, May 23, 2008

Hasil Polling Bakul Kue Amatir di blog icip2

dear all,
mau memberikan report hasil polling yang sudah berakhir kemaren (22 Mei 2008), seperti yang aku janjikan tempo hari.

Hasil Polling Bakul Kue Amatir

Walaupun polling ini hanya seseruan, diucapkan terima kasih untuk teman-teman, para bakul kue yang ngakunya amatir untuk partisipasinya memberikan suara dalam polling nya Icip2.

Hasil polling dari 67 responden bakul kue amatir dari seluruh dunia, adalah sebagai berikut :

44 suara (65%) setuju bahwa naiknya harga bahan-bahan kue adalah hal yang paling disebelin alias tidak disukai.
Kenapa ya ? hmm... kemungkinan ada beberapa alasan :
1. para bakul kue ini males ngitung ulang lagi berapa ongkos produksi dan berapa harga jual yang baru ke customer mereka.
2. udah pusing duluan soale udah bingung gimana cari alesan baru menghadapi para customer yang maunya harga murah melulu tapi menuntut rasa kue dengan kualitas made in hotel.
3. atau musti rogoh kocek lebih dalem lagi buat nambahin modal.

Solusinya:
1. pake Exel doong... tinggal bikin rumus harga bahan + untung = harga jual. Tinggal masukin deh setiap perubahan komponen harga bahan. Gitu aja kok repot :)
2. pasang wajah yang paling manis.... semanis tiramisyuu... gunakan intonasi suara selembut cheesecake... dan dengan tatapan bak rendang padang... lalu katakan, beli ato mati !!! (harap gunakan sedikit jiwa preman ya)... dijamin, dagangan bakal laris dijarah :D :D
3. ya minta matan pacar dong aaah.... buat kucurin modal baru tapi ta pernah kembali... hihihi

26 suara (38%) para bakul kueh amatiran mengeluhkan udah malam dan gas habis.
Nah looo... bisa memble tuh kue dalem oven. Berapa kerugian yang ditimbulkan akibat kelalaian ini ??? udah capek, udah ngantuk .. eeh kuehnya misleg gara-gara gas habis. Ini pasti kejadian pada para bakul kue yang cuma punya 1 tabung gas kan ?? (harrreee genee ???)

Solusinya :
1. panggil hansip trus ketok pintu tetangga dan bilang semelas mungkin.... pinjem gas nya dulu dan besok diganti dengan seloyang kueh. *kalo tetangganya jutek pasti mintanya 2 loyang cizkek*
2. hal seperti ini harus diantisipasi, beli dong 1 tabung gas lagi buat prepare. Kalo nggak ada budget, ya beli yang tabung kecil aja.... yang ijo royo-royo itu lho.

20 suara (29%) setuju kalo listrik mati juga bikin sebel para bakul kueh ini.
Kenapa ? ya soale kalo lagi ngocok telur tiba-tiba listrik mati... mau ga mau, suka tidak suka para bakul kue ini akan mati-matian mengocok telur secara manual sampai mengembang, seperti para nenek moyang kita dulu itu lho... yang trus lengannya menjelma seperti ade rai. Efek yang paling parah adalah berakhirnya sang telor di wajan dadar.

Solusinya :
1. pinjem genset tetangga sebelah ... kalo ga ada juga ya keliling kampung cari pinjeman genset. Gak ada juga ? ya bikin kuehnya pindah ke rumah yang listriknya nyala :)
2. untuk mengantisipasi claim tuntutan di pengadilan oleh customer dikemudian hari, sebaiknya bikin perjanjian hitam diatas putih, bahwa kalau listrik padam... customer wajib mengirimkan genset demi kesuksesan kueh yang dipesannya.

18 suara (26%) menyatakan hal yang disebelin para bakul kue ini kalo diutangin sama customer.
Hmm... rupanya ada juga kejadian kayak gini yah. Customernya emang enggak tau diri nih, udah minta yang paling murah... paling enak... eh, ngutang pulak.

Solusinya :
1. Musti bayar didepan, setidaknya bayar depe seharga bahan kue yang dipake.
2. Tetapkan biaya keterlambatan pembayaran kue dikenakan 25% per hari.
3. Pake jasa debt collector yang paling serem untuk menagih semua utang-utang kuehnya. Tambahkan pesan sponsor, bayar ato m*ncr*t !!!!

7 suara (10%) dan 6 suara (8%) setuju bahwa jalanan yang berlubang dan polisi tidur, juga membuat para bakul kueh ini sebel.
Kenapa ? karna banyaknya lubang dijalan ditambah bonus polisi tidur yang sembarangan bisa menghancurkan hasil karya decor mereka yang sudah dilakukan dengan susah payah, bercucuran keringat dan berlinangan air mata....*karna bikin satu rose aja udah setengah pingsan*

Solusinya :
1. Nanti kalau anter kueh jangan lewat jalan seperti itu, kalau musti lewat juga... pas ketemu lubang dan polisi tidur, turun dulu dari mobil/motor deh... trus jalan kaki sampe ketemu jalan tol :D :D
2. Delivery nya pake yang lebih inovatif doong, pake Mercy tipe teranyar atau Jaguar atau Audi yang suspensinya lebih empuk....jadi ga bakalan tuh kueh yang dibawa bakal loncat-loncat saat ketemu lubang atau polisi tidur.
3. Kumpulkan semua para bakul kue amatir seantero jagat raya ini, buat petisi dan didemokan di bunderan HI (jangan demo di Titan, ntar disuguhi belanjaan sama pak Thio). Tuntut pemerintah agar menutup semua lubang di jalan dan tertibkan polisi tidur agar tidak mengganggu jalannya roda bisnis para bakul kue amatir ini.

Sekian dulu laporannya, semoga semua masukan hasil polling ini bermanfaat bagi para bakul kue amatir, supaya dapat menjadi bakul kue yang lebih profesional.

Sesungguhnya penyelenggara polling ingin juga memberikan hadiah buat para partisipan, tapi dikarenaken para partisipan tidak meninggalkan KTP nya di pos satpam maka jejaknya tidak pernah bisa diidentifikasi (jadi silahken protes sama mas Blogger yang telah mendesign sistem polling ini).

Makasih buat semuanya, juga buat para moderator yang baek hatinya dan tidak sombong.
Sampai jumpa di polling yang akan datang...

salam,
ria

http://icip2didapur.blogspot.com
http://catatandidapur.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment