Thursday, December 13, 2007

PANCREATITIS ACUTE (episode 2)

Selain berobat secara medis, diam2 (maaf ya Dok... ) papa jg berobat alternatif sama "dokter" Adin (adek papa sendiri). Oleh beliau disarankan makan daun Binahong 7 lembar/hari utk mengeringkan luka2 di bagian dalam. Juga formula Tripang, air tebu dan madu utk mengobati pankreasnya. Belakangan aku tau, Tripang punya khasiat probiotik. Tapi semua obat alternatif itu dimakannya malem hari, saat ga ada obat dr dokter yg masuk.
Yang repot bikinin jamu Tripangnya ya Riris... Tripangnya cari ke suplier hasil laut yg ada di Denpasar, rekomendasi dr kawannya mas Yanto (kakaknya papa yg tinggal di Dps).. aku telp pak Priyatna. Ga nyangka banget.... ada orang yg baik banget spt pak Priyatna ini....padahal aku ga kenal dan blom pernah ketemu. Aku pesen sama beliau Tripang kering 1 kg. Eh sama beliau dianter sendiri ke RS.... dan trus ga mau dibayar... hadoooh, padahal itu Tripang mahal banget... 400ribuan (kl di Jkt bs sampe 700ribuan/kg). Ya Allah... balaskan budi baik pak Priyatna ini atas ketulusannya, karna aku belum mampu membalasnya. Amin.
Seminggu di RS Sanglah papa akhirnya diijinkan terbang pulang ke Jkt. Ini berarti sdh 2 minggu ada di Denpasar.
Ternyata urusan pulang ke Jakarta ga selancar yg dibayangkan. Karna aku kepikiran papa kan msh sakit (baru jg boleh keluar dr RS Sanglah utk lanjut berobat ke Jkt), jadi aku lapor ke kantor Garuda Dps kalo papa sakit (spy diperhatikan saat di pesawat dan disediakan wheel chair saat di bandara Ngurah Rai & Soekarno Hatta). Aku diminta utk ngisi form MEDIFnya Garuda tentang kondisi papa dan hrs diapprove oleh dr dokter RS Sanglah (jg dokter Garuda di Denpasar). Nanti form ini akan di fax ke Jkt utk approval dokter Garuda Jkt. Aku pikir urusan udh clear... karna oleh staf Garuda dibilang semua dah ok.
Pesawat berangkat jam 22.20 (cari bussiness class dapetnya Garuda yg ke Tokyo dan transit di Jkt, ya adanya cuma malem itu). Jadi dr RS Sanglah kita check out jam 8.30 malem langsung ke bandara (pikirku, biar papa ga terlalu nunggu lama di bandara). Tiba di bandara minta wheel chair dan lapor ke counter Garuda dg bawa form MEDIFnya. ternyataaaaaaa.... blom ada approval dr dokter Garuda Jkt. Ampuun deh, ternyata form itu belom di fax sama si mbak staf kantor Garuda tempat aku beli ticket :(
Aku tiba2 liat para staf Garuda Ngurah Rai kalang kabut.... ya iyalah, wong pesawatnya bentar lagi berangkat, orang2 udh boarding pass sementara nasib papa & mama msh blom jelas, boleh terbang ke Jkt atau enggak :(
Akhirnya... fax dr Jkt dateng juga... Alhamdulillah, kita bisa pulang ke Jkt malam itu.... papa dpt fasilitas priority... termasuk semua bagasi nya.
Alhamdulillah lagi.... selama perjalanan lancar... (aku udh dibawain bbrp macam obat oleh Dr. Agus, andaikata something trouble selama di pesawat... Alhamdulillah, yg dikhawatirkan tdk terjadi).

Di bandara Cengkareng, papa udh ditunggu ambulance dr RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.
Tiba di RS MKKG langsung masuk IMC (intermediate care). Papa ditangani oleh Dr Widaryati SpPd KGEH dan Dr Pradnya Paramitha yg spesialis Paru. Ternyata amilase/lipase papa naik lagi.... papa di puasakan lagi selama beberapa hari, diobservasi lagi... Di infus lagi spt Clinimix (tp yg disini pake produk Jepang, yg jelas isinya asam amino ukuran 1 liter). Cuma boleh minum air dikit2. trus bertahap dpt air tajin 20cc, trus 50cc supaya jonjot ususnya jg tdk melemah. Hari ke 4, sdh boleh makan bubur sumsum dg porsi kecil. Disini papa di rontgen, di MRCP dan di endoskopi. Tiap hari cek darah. Hasilnya, masih terjadi peradangan di pankreas dan lambung.Makin hari kondisi papa mulai membaik, papa dipindah ke recovery room. Sudah boleh makan lagi, dari bubur sumsum ke bubur nasi dg lauk yg di blender... like baby food.
Hari ke 10 di RS MKKG, papa sdh boleh pulang... tapi musti bed rest lagi seminggu di rumah dan kontrol lagi. Berat papa turun 7 kilo selama papa sakit. Kontrol kemaren 10 Desember (tepat sebulan) kondisi papa semakin membaik. Dokter pesan supaya makannya dijaga. Sehari sekitar 1800-2000 kalori, makan yg lunak2 spt nasi tim, nasi tp yg lembek, ga boleh makan pedes2, asem2, santan, minyak, lemak... ga boleh juga kebanyakan karbohidrat atau kebanyakan protein juga.
Ya... Alhamdulillah, akhirnya papa bisa kembali lagi kumpul dengan kita semua...

Jadi apa yg menjadi penyebab papa sampai sakit spt ini ??? setelah di observasi adanya kemungkinan penyumbatan di saluran empedu atau kemungkinan adanya penyumbatan di muara bertemunya saluran empedu dg saluran pankreas yg tidak membuahkan hasil. Kesimpulannya cuma satu... ini jelas karna alkohol. Dokter Agus sangat cerdas mendeteksi hal ini sejak awal beliau menangani papa. Kalau Dr Widaryati masih mencari kemungkinan penyebab lainnya (walau akhirnya jg berkesimpulan yg sama setelah mendapat masukan riwayat hidup papa).
Yup... awalnya papa begini memang karna pekerjaan sampai akhirnya addict. Dan aku plus anak2 juga sudah sering mengingatkan (tp selalu diabaikan papa) sampai akhirnya tubuh papa sendiri yg memberi signal ketidakmampuannya.... Alhamdulillah, papa masih diberi kesempatan utk memperbaiki hidupnya... Banyak hikmah dr kejadian ini.... sekarang papa jadi tambah rajin sholatnya... makin dalam sujudnya (tiap tengah malam papa selalu tahajud, taubat... sampai datang fajar). Mama dan anak2 juga mendapat pembelajaran dari kejadian ini...bahwa tidak ada manusia yg sempurna... manusia selalu mempunyai kekurangan...tapi dengan niat yang baik utk berubah, InsyaAllah kekurangan itu akan menjadi kebaikan baginya....dan bagi siapapun yg mempelajarinya.... Penyesalan memang selalu datang belakangan.... tapi itu bukan akhir dr segalanya.... Dan Alhamdulillah... Allah masih memberikan kesempatan itu.....
Yaaah... semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapapun yg membutuhkannya... keep the faith to SAY NO to alcohol...
Sesungguhnya Allah telah memberi petunjuk kenapa itu diharamkan....

*we love u paaa....*

1 comment:

  1. masyaAllah, awalnya serem baca riwayat penyakitnya. Lama2 terharu. Alhamdulillah ya kita masih diberi kesempatan memperbaiki diri sebelum meninggal.
    Makasih mbak sudah posting artikel ini. Bermanfaat bgt. Aku seneng bgt sm blognya mbak, trutama tips dan kamus bumbu dapur.
    Love,
    Ita

    ReplyDelete