Tuesday, May 27, 2008

Tips Membuat Red Velvet Cake


Ini aku posting sekalian untuk beberapa teman yang sudah pernah coba membuat atau yang baru akan mencobanya.

Dari beberapa imel yang masuk, ada beberapa yang menjadi perhatian antara lain :

1. Soal Bit atau Beet.
Disini fungsi Bit bukan sebagai bahan utama, maksutnya cake ini bukan dibuat dari Bit. Tapi Bit disini hanya bahan pembantu untuk membuat warna cake menjadi coklat kemerahan (red velvet). Ini dimaksudkan sebagai bahan pewarna yang alami, karena resep aslinya menggunakan food coloring dalam jumlah yang cukup banyak.
Pertanyaan yang masuk lainnya menanyakan apakah dengan menggunakan Bit, cake nya jadi bau langu (seperti bau asli Bit). Jawabnya : TIDAK, karena setelah dibuat juice lalu dimasak
dan akhirnya bercampur dengan bahan2 yang lain.

2. Kemanisan.
Kalau tidak suka manis, gulanya bisa dikurangi.
Untuk pemakaian gula pada cake bisa dikurangi menjadi 2 cup saja. Dan pada cheese frosting cukup 225 gram saja (karena whipcream nya bisanya sudah manis).

3. Creamnya kok cair ??
Ini pasti jelas karena masalah penggunaan whipcream.
Di resep saya menyarankan menggunakan freshcream/whipcream cair merk RICHS karena cream ini selain kokoh juga sangat stabil di suhu ruang.
Alternatif lain bisa saja cream nya tanpa tambahan whipcream, enak juga.... tapi karna hasilnya sedikit jadi musti buat 2 kali lipat. Penambahan whipcream disini selain untuk membuat volume cream menjadi banyak juga untuk menekan cost :)

Dalam tahap pembuatannya, untuk mengurangi efek mencair dari whipcream nya... whipcreamnya dikocok terakhir sesudah mengocok campuran unsalted butter, gula halus dan krimcis menjadi lembut. Tapi jangan lupa, kalau cuma punya 1 stick/tangkai mixer... stick nya dicuci dulu yang bersih.
Setelah whipcream mengembang kaku baru masukkan campuran krimcis, kocok dengan mixer with low speed.

Okay... segitu dulu ya, nanti kalau ada pertanyaan lain insyaallah aku bantu jawabnya.
Thanks.

0 komentar:

Post a Comment