Saturday, November 01, 2008

Sekilas Mengenal FONDANT atau PLASTIC ICING

Fondant atau rolled fondant sering disebut dengan PLASTIC ICING atau kadang disebut juga dengan pasta gula (sugar paste).
Fondant adalah bahan dekorasi cake yang cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk mengcover cake dan juga digunakan untuk membuat hiasan seperti ornamen2 pada cake seperti pita, kerutan/renda, bunga juga figurine.

Fondant dibuat dari campuran gula, gelatin, glucose, glycerin, dan shortening dengan persentase terbesarnya adalah gula sehingga rasanya manis. Kadang juga adonan harus diberi bahan tambahan seperti Gum/ gum tragacanth untuk membuat adonan fondant menjadi lebih kokoh.
Membuat adonan fondant cukup repot, maka disarankan untuk membeli adonan fondant yang siap pakai saja di toko bahan kue. Di pasaran merk fondant yang beredar ada 2 yaitu FonDX dan Bakels.

Fondant siap pakai bentuknya seperti play dough/plastic dough atau seperti lilin mainan anak2. Hanya adonan dasar ini berwarna putih.
Saat baru dibeli dalam kemasan plastik biasanya kondisinya agak keras sehingga untuk menggunakannya harus diuleni terlebih dulu sampai lembut.

Untuk mendapatkan fondant yang warna warni biasanya harus dicampur dengan pewarna makanan, baik yang water base maupun yang oil base dapat dipakai. Tapi yang paling bagus adalah bentuk pewarna yang berupa pasta atau gel (biasanya merk import seperti Wilton, dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan pewarna merk lokal).

Menyimpan adonan fondant yang belum terpakai atau sisanya, harus dibungkus plastik yang rapat atau kedap udara hingga saat digunakan. Dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. JANGAN MENYIMPANNYA DI KULKAS atau FREEZER.
Fondant yang disimpan di kulkas selain mengeras, juga saat dikeluarkan akan berkeringat sehingga strukturnya menjadi rusak.

Dalam penggunaannya, saat menguleni adonan fondant, alas maupun wadah yang dipakai ditaburi dulu dengan sedikit tepung maizena agar tidak lengket pada alas ataupun wadahnya.
Sedangkan untuk menempelkan ornamen yang juga terbuat dari fondant, cukup diolesi dengan sedikit air dengan menggunakan kuas.

Cake yang sudah dihias dengan fondant TIDAK BOLEH disimpan di kulkas tetapi sebaiknya disimpan di ruangan yang sejuk berAC sampai saat disajikan. Mengingat asal muasal fondant dari negeri sub tropis, fondant sangat tidak bersahabat dengan suhu udara yang panas dan lembab karna akan melunak bahkan meleleh.
Bila diletakkan di suhu ruang, untuk jangka waktu tertentu masih dapat tahan bentuknya tetapi untuk jangka waktu lama (lebih dari 10 jam) cake yang dicover fondant, lapisan fondantnya akan melorot dan berkerut.

Jadi, sebelum memulai menghias cake dengan fondant... kenali dulu apa itu fondant termasuk juga kelebihan dan kekurangannya.

Sekian dulu ya tulisanku tentang fondant... nanti kalo ada waktu kita sambung lagi dengan TEKNIK MENGHIAS dengan FONDANT.

So keeping in touch with this blog ;)

18 comments:

  1. Tengkyu banget.. aku jadi lebih mengerti tentang fondant dan cara mengolahnya :)

    ReplyDelete
  2. Mom Ria, kalau fondant cake disimpan di suhu ruang 20-21 derajat, masih oke ndak? Mirip temperatur AC di Jakarta kan?

    Trus, utk pesta ultah anakku itu, kalau acaranya sekitar jam 4 sore di sekolah, berarti bikin kue sebaiknya jam berapa ya... Maap, masih awam... hehe.

    Btw, produk fondant siap pakai merk W punya adonan yang udah berwarna. Buat dekorasi, apalagi pemula spt akyu, mending beli yang itu juga kali ya *males banget nih akyu... hehe*

    ReplyDelete
  3. Mbak Ria,harga fondant brp ya? apa ada merk lokal? maklum lah sesuain sm kantong hehehehe..
    Thx alot yaaaaaaaaaa:)

    ReplyDelete
  4. @ Sitha :

    haduh ... mom Sitha, maafkan daku... kok aku baru liat commentmu ini yaa. udah telat banget yak :(

    iya, fondant paling bagus di ruang AC ... suhu 20-21 gpp kok.
    yg jelas jangan di kulkas karna akan mengeras,
    jangan juga di ruang terbuka... yg suhunya panas karna akan mudah meleleh/lembek atau biasanya dekorasi dg fondant nya akan melorot..

    kalo buat sore sih bikin pagi aja jam 9an gitu, nanti kalo udah selesai disimpan di ruang yg dingin ber AC.

    Wah enak tuh, kalo disini musti diwarnain sendiri... capek nguleninnya. Enak yg udh berwarna gitu... lbh hemat waktu & tenaga :)



    @ Rena :
    Di Jakarta dsk, yang aku tau fondant yg beredar merk FondX dan Bakels.
    Sekarang harga per kilonya berkisar antara 41ribu - 50ribu.

    ReplyDelete
  5. ILMUNYA SANGAT BERMANFAAT BAGIKU AND KITA SEMUA.THANKS

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah.... iya, sama2 bu... terima kasih juga.

    ReplyDelete
  7. Lam kenal mbak Ria, bedanya fondant dengan marzipan apa ya ? sepertinya bentuknya sama2 seperti lilin mainan ya :D. Terus kalau marzipan yang ada di lokal biasanya merknya apa ya? thanx ya mbak.

    ReplyDelete
  8. haloo...salam kenal juga.
    maaf kalo baru aku respon yaa..

    kalau marzipan dibuat dengan almond powder, rasanya jelas lebih enak tapi utk harga relatif cukup mahal yaa..

    setau aku belom ada yg jual marzipan yg siap pakai spt fondant disini. tapi sebetulnya bisa kok dibuat sendiri... nanti kapan2 kita coba membuatnya yaa...

    ReplyDelete
  9. salam kenal mbak,
    makasih buat tutor2nya yah bermanfaat sekali buatku yang pemula inih..;-)
    mbak kalow dibuat dan disimpan di ruangan non AC tahan berapa lama? scara rumahku non AC hehe..
    trus kalow dibanding kuhias dengan buttercream lebih tahan lama yang manah, soale ultah anakku nanti dihalaman rumah,takutnya cepet lumer gituh
    makasih seblumnya yah

    ReplyDelete
  10. mba..saya kagum banget dgn blognya mba ria..bener2 bermanfaat dan membantu..minta tolong mba diarahkan dimana saya bisa dapet resep dan bahan untuk buat cupcake krn sy coba cari2 tp kok gak ketemu juga ya???tolong dibantu mba..saya mau coba buat cupcake dengan hiasan fondant...thanks (eli di bali)

    ReplyDelete
  11. makasih tutrial nya mbak,,
    bermanfaat bangettt *sip sip sip

    ReplyDelete
  12. thx banget yah infonya....sempet juga nulis artikel di blognya mbak, salut deh, acung jempol

    ReplyDelete
  13. Salam kenal Mba Ria...

    Terima kasih info-nya aku pemula bgt siy, jd bermanfaat bgt niy...

    ReplyDelete
  14. Mbak Ria...thanks banget ya atas ilmu-nya..aq udah coba bikin cupcakes rasa mocha..hasilnya maknyuss..sekarang lg mau belajar bikin hiasan cupcakes pake fondant untuk ultah anakku bulan juni...Pokoknya ilmu dari Mbak Ria berguna banget dey..thanks ya,mbak...

    ReplyDelete
  15. salam kenal, tutorialnya bagus banget, aku kasih 2 jempol untuk mbak Ria, sangat bermanfaat, dan aku sudah beranikan diri untuk praktek dirumah dan sungguh mengasyikkan menghias kue dng fondant (maaf aku contek gambarnya mba, walau hasil fondant ku tdk sebagus punya mbak, paling tidak aku sdh coba, dan akan coba lagi. thank you very much.

    ReplyDelete
  16. lam kenalz
    boleh tau ga kalo merk glukosa cair apa kalo beli ol dimana koz di kotaku cikampek ga ada (kesian deh) thx

    ReplyDelete
  17. kalo fondant kira@ nya buat satu bolu 1/2kg cukup gak ya?

    ReplyDelete